BerandaPusat Berita LBank
Brasil menetapkan aturan pelaporan kripto kustodi mandiri senilai $10 ribu
brazil-sets-10k-self-custody-crypto-reporting-rule
Brasil menetapkan aturan pelaporan kripto kustodi mandiri senilai $10 ribu
Resolusi 588 memasukkan transfer kripto self-custody senilai $10.000 ke dalam pelaporan wajib Coaf mulai 1 Oktober 2026. Resolusi 588 menciptakan kewajiban pelaporan, bukan larangan, batas maksimum transaksi, atau pembekuan transfer wajib. Lembaga yang tercakup harus melaporkan transfer yang memenuhi syarat yang melibatkan wallet self-custody di bawah aturan kerangka AML yang sudah ada di Brasil. Resolusi 588 tidak menyatakan bahwa beberapa transfer di bawah $10.000 harus secara otomatis diagregasikan untuk pelaporan. Aturan retensi terpisah Brasil selama 24 jam dimulai pada Januari 2027 dan menggunakan agregasi transaksi pada hari yang sama untuk nasabah.
2026-09-25 Sumber:crypto.news

Bank sentral Brasil mewajibkan institusi yang tercakup untuk melaporkan transfer aset virtual senilai setidaknya $10.000 ke atau dari dompet self-custody mulai 1 Oktober 2026.

Ringkasan
  • Resolusi 588 memasukkan transfer kripto self-custody senilai $10.000 ke dalam pelaporan wajib ke Coaf mulai 1 Oktober 2026.
  • Resolusi 588 menciptakan kewajiban pelaporan, bukan larangan, batas transaksi, atau pembekuan transfer wajib.
  • Institusi yang tercakup harus melaporkan transfer yang memenuhi syarat yang melibatkan dompet self-custody berdasarkan aturan kerangka AML Brasil yang sudah ada.
  • Resolusi 588 tidak menyatakan bahwa beberapa transfer di bawah $10.000 harus secara otomatis digabungkan untuk pelaporan.
  • Aturan penahanan terpisah Brasil selama 24 jam dimulai pada Januari 2027 dan menggunakan agregasi transaksi pada hari yang sama untuk pelanggan.

Bank Sentral Brasil menerbitkan Resolusi BCB No. 588 pada 23 September, yang mengamandemen Circular No. 3.978, kerangka anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme untuk institusi di bawah pengawasannya. Butir baru yang ditambahkan ke Pasal 49 mencakup transfer aset virtual ke atau dari dompet self-custody ketika nilainya setara dengan atau melebihi $10.000.

Aturan self-custody $10 ribu Brasil mulai berlaku 1 Oktober

Resolusi 588 menempatkan transfer self-custody yang memenuhi syarat ke dalam kategori operasi spesifik yang wajib dikomunikasikan oleh institusi yang tercakup kepada Financial Activities Control Council, yang dikenal sebagai Coaf. Aturan ini berlaku dua arah, mencakup transfer yang dikirim ke dompet self-custody dan transfer yang diterima dari dompet tersebut.

Resolusi ini tidak melarang self-custody, tidak membatasi jumlah yang dapat ditransfer pengguna, dan tidak menyatakan bahwa transaksi yang memenuhi syarat harus diblokir. B3 melaporkan bahwa angka $10.000 adalah ambang pelaporan wajib, bukan batas transaksi. Bank sentral mengatakan bahwa self-custody dapat mengurangi informasi yang tersedia untuk pemantauan karena pengguna mengendalikan private key secara langsung.

Dengan mengamandemen Pasal 49 Circular 3.978, ketentuan baru ini ditempatkan berdampingan dengan laporan wajib untuk operasi tunai besar tertentu dan transaksi tunai dalam mata uang asing. Resolusi 588 menambahkan transaksi valuta asing yang melibatkan setidaknya $10.000 dalam mata uang asing fisik dan transfer aset virtual yang melibatkan dompet self-custody pada ambang dolar yang sama.

Resolusi 588 berbeda dari penahanan 24 jam Brasil

Kewajiban pelaporan pada Oktober ini terpisah dari Resolusi BCB No. 584, aturan anti-penipuan yang diterbitkan pada Agustus. Resolusi 584 mencakup transfer keluar aset virtual tertentu ke penyedia layanan asing atau dompet self-custody dan mengizinkan periode penahanan sementara hingga 24 jam di bawah kontrol risiko yang ditetapkan mulai 1 Januari 2027. Kementerian Keuangan Brasil menjelaskan kebijakan tersebut setelah bank sentral mengadopsinya.

Seperti yang sebelumnya dilaporkan crypto.news, penahanan 24 jam Brasil untuk transfer kripto senilai $10.000 yang memenuhi syarat menggunakan perhitungan ambang yang berbeda. Resolusi 584 dapat berlaku ketika satu transfer melampaui ambang atau ketika transfer dari pelanggan yang sama secara agregat mencapai ambang tersebut dalam satu hari. Penyedia dapat melepaskan transfer sebelum 24 jam penuh setelah menyelesaikan tinjauan risiko yang diwajibkan.

Resolusi 588 tidak memuat bahasa agregasi pada hari yang sama yang setara untuk pemicu pelaporan otomatisnya. Teksnya merujuk pada satu transfer dengan nilai setara atau di atas $10.000. Analisis regulasi Brasil yang diterbitkan setelah aturan September menemukan perbedaan yang sama: Resolusi 584 secara tegas mengagregasikan transfer pada hari yang sama, sementara Resolusi 588 tidak menyatakan rumus semacam itu.

Tidak adanya klausul agregasi otomatis tidak menghapus kewajiban terpisah untuk pemantauan aktivitas mencurigakan. Circular 3.978 mewajibkan institusi yang tercakup untuk menilai transaksi atau situasi yang dapat mengindikasikan pencucian uang atau pendanaan terorisme, dengan kasus mencurigakan tunduk pada proses pelaporan terpisah.

Institusi yang tercakup harus mengirim laporan melalui kontrol AML

Pasal 49 Circular 3.978 mewajibkan institusi dalam cakupannya untuk mengomunikasikan transaksi yang tercantum kepada Coaf. Aturan waktu yang sudah ada dalam circular tersebut mengharuskan komunikasi berdasarkan Pasal 49 dilakukan paling lambat pada hari kerja berikutnya setelah transaksi atau ketentuan relevan terjadi, sehingga kategori self-custody yang baru masuk ke dalam proses kepatuhan yang telah ditetapkan.

Circular yang sama melarang institusi memberi tahu pelanggan atau pihak ketiga bahwa komunikasi kepada Coaf telah dilakukan. Resolusi 588 tidak menciptakan kewajiban pelaporan langsung bagi individu hanya karena orang tersebut mengendalikan dompet self-custody; kewajiban pelaporan berjalan melalui institusi yang tercakup dalam kerangka AML bank sentral ketika mereka menangani transfer yang memenuhi syarat.

Dalam penjelasan publiknya, bank sentral mengatakan self-custody dapat “mengurangi ketersediaan informasi untuk tujuan pemantauan dan penilaian risiko.” Pernyataan tersebut membedakan dompet yang dikendalikan pengguna dari aset yang disimpan oleh institusi yang diotorisasi bank sentral, di mana catatan pelanggan dan transaksi tetap berada di dalam entitas yang diawasi.

Resolusi 588 sendiri tidak menciptakan tarif pajak kripto baru, biaya, atau pungutan transaksi. Kebijakan ini mengamandemen kerangka pelaporan AML/CFT Brasil, sementara perpajakan kripto berjalan di bawah aturan pajak yang terpisah. Crypto.news sebelumnya telah meliput kerangka pajak kripto Brasil yang terpisah, termasuk aturan yang memengaruhi keuntungan dari aset yang disimpan dalam self-custody.

Brasil meluncurkan pengawasan kripto secara bertahap

Resolusi 588 hadir dalam rangkaian aturan aset virtual yang diperkenalkan sejak 2025. Seperti yang dilaporkan crypto.news, persyaratan modal Brasil untuk penyedia layanan kripto kini berjalan berdampingan dengan persyaratan perizinan, tata kelola, keamanan, dan kepatuhan. Aturan terpisah pada 2026 telah membatasi aset virtual untuk menyelesaikan pembayaran di dalam saluran valuta asing elektronik lintas batas yang diatur. Pembatasan pembayaran kripto lintas batas Brasil mencakup sistem eFX yang diawasi tanpa melarang transfer kripto biasa di luar saluran tersebut.

Kebijakan bank sentral terpisah, Resolusi BCB No. 589, diterbitkan pada 23 September bersamaan dengan Resolusi 588. Aturan ini mengubah ketentuan untuk penyedia layanan aset virtual, termasuk informasi pengawasan yang mencakup saldo pelanggan, posisi kustodi, proof of reserves, dan aset pelanggan yang dialokasikan ke staking. Ketentuan yang mengatur penyampaian data tersebut mulai berlaku pada 1 Januari 2027.

Resolusi 589 juga mengubah tenggat operasional lain bagi institusi yang berurusan dengan penyedia layanan kripto. Mulai 6 November 2026, institusi keuangan, institusi pembayaran, dan entitas lain yang diotorisasi oleh bank sentral akan menghadapi pembatasan untuk melakukan atau memfasilitasi operasi pasar aset virtual dengan counterpart yang tidak diotorisasi untuk beroperasi di Brasil, dengan tunduk pada pengecualian dalam regulasi yang berlaku.